Sabtu, 20 Desember 2014

after June comes September (Part I )

haii haii haiii..
after months gue g ada ngepost,,hehe,,kinda buzyyyyy..,,no heell waay BUZY!
yep,,so,,after getting invitation on entering colleges in some cities here,, ive finally chose one,,
and so here i am now writing this stuff,,im in bremerhaven and i take digitale medien produktion.
i guess its digital media production in english,,, so we learn all about digital publishing. its mediaaaa!!!!! yohooo~
this is all i wanted.insyallah,, i wanted to learn about media  things,,on the publishing.with those applications software and so on,,
okay,how was my day on my first week ? hmm..i made a decision that i never even think that i would have this kind of thought..from where should i say? from the start i guess,,from where it began,,

so,i came to a dcsion,,that i..i took of my hijab. my religion symbol that i wore since junior high..
i dont know what to say else,,but the thing is now..i took off it,i cant blieve it even now..but, yea its still me anyway..

a month bfore the announcement of our graduation from our studienkolleg(around june),, i knew that i will graduate this time,,and thats why,,i have to make a decision. at first, maybe i was confused with my heart,gue galau dg smua perasaan yg gue punya.knapa gue punya pmikiran sprti itu..
sempet gundah,,smpt yakin gue g bakal lepas,gue pasti bisa nglwatinya nnti.gue g punya alasan untuk lepas..alasan yg gue punya,,itu bukan alasan...bukan alasan yg mngharuskan gue buat lepas.
mngkin saat ini jg sama.alasan yg bakal gue jelasin nanti,,bukan suatu alasan yang konkret sehingga mmbuat gue pada kputusan harus lepas..but,,anyway,,ive come this far,,and ive made a dcsion..
gue nanya sama tmn2 gue,,dr yg make terus lepas,dr yg mreka emg make,dr yg mreka g make,,cuman kurang satu..mereka yg g make kmudian make,,aku g punya tmn yg kea gtu..doch ada trnyata.tmn SMA aku ada kuliah make,,cmn entah g kpikiran buat nanyain dia,,ada lagi trnyta tmn SMA ku juga yg kbtulan tmn dkt aku..tapi aku curhat kdianya wktu kmrn pas gue balik k indo buat liburan..

wktu gue masih djerman..gue nanya kbbrpa tmn gue,,jawabanya jelas beda2,,cuman,,
smakin kbbrapa tmn yg gue tanyain,,gue malah ngrasa,,its like,,gue nyari perlindungan.semacam gue mncari tmn2 gue yg at least bisa ngertiin gue kalo endingnya gue jadi lepas,,
gue mulai takut sama diri gue sndiri saat itu,,,naudzubillah...
tp hingga waktu dtng,,gue ngerti,,stlah gue mngambil kputusan...kputusan apapun itu,,hal apapun yg uda lo perbuat ato yg bkal lo perbuat,,lo g bisa ngebuat ''semua orang'' untuk ngertiin elo, buat ngertiin knapa lo nglakuin hal itu.
pada akhirnya,,biarkan mreka ngmongin lo dblakang lo,,krna..suatu hari itu akan reda.pasti.
cuman,,buat ngebiarin ini terjadi juga buat gue butuh keberanian. mungkin tmn lo gampang bkal bilang,, yaudah sii cuek apa kata mreka,toh hidup hidup lo,elo yg ngejalanin.mreka g ada hak.mreka g ngasi nasi buat lo,jdi knpa lo harus care sama apa kata mreka..
tpi buat gue,,buat orng kea gue,,at first,,it really needs ''take time'' buat bisa nrima risk itu..
slain ktemen dkt gue djerman,,gue juga curhat k tmn gue diindo,,shabat gue bgt..namanya inas.
dia make jilbab.dia bner2 nentang sama apa yg ada dpikiran gue,,,gue masi inget dia ad bilang wktu itu..
''aku tau meg,,kamu pasti suatu hari bakal nanyain hal ini sama aku.." *deggg*
saat itu gue ngrsa,,,whats wrong with me.
gue curhat ke nyokap..gue g brani minta ijin bokap..
dr gue msih djerman,,yahh sebulan sblum liburan ke indo,,waktu skype sama nyokap,,
gue minta pndangan nyokap soal hal ini,skalgus minta ijin,,gue brharap bgt nyokap ngrestuin dan bisa ngertiin gue..

iya,,nyokap ngrtiin gue mskipun dia sedih dg apa yg ada dpikiran gue.tp dsitu gue juga takut resiko2 yg hrus gue ambil.tpi dstu nyokap mncoba mnguatkan..people commit sins.. kamu g boleh ragu dlm mngambil kputusanmu.kalo kamu ragu krna kmu ngrasa ini perbuatan yg bener2 salah.emg salah,,cmn gue ngrsa,,like gue bener2 hina.mksut gue,,kalo gue lepas,,ortu gue pasti bakal kcipratan hal buruknya..entah tetangga pada nanya,sodara mngkin krna liat d fb sgala mcem..
dsitu nyokap ngasi gue kekuatan.ngasi gue pandangan..bnyak dluar sana yg jauh mengerikan meg,
papahmu bukan dr kluarga ustadz,kita buka kluarga ulama,,g ada yg bisa ngejamin anak seorang ustadz,juga akan sama sprti dirinya.seorang ustadz jg kdang brperilaku yg bkn mncerminkan ustadz,
dstu nyokap mncoba buat ngasi tau gue,,kalo manusia g ada yg smpurna..nyokap tau,,mngkin tnpa gue sadar,,gue pngen terlihat perfect dimata orang2..mngkin itu hal wajar,,
kputusan yg kamu ambil itu hal kecil yg lumrah trjadi ddunia.kamu g boleh brkecil hati.tetapkan kyakinanmu.mamah ttp support,,
gue tau,,mngkin krna mamah ngrasa mamah g bisa ngubah pmikiran mega saat itu,,krna mnurut gue via skype juga berpengaruh,,mngkin krna itu nyokap ngasih jawabn smcam tu.bukanya menentangku habis2an.nyokap gue emg bukan ibu2 dg jilbab babernya dan yg ilmu agamanya dalem bgt.wktu nyokap muda dia blm make jilbab.tp gue tau,,iyalah...pasti jauh di hati mamah,,mamah g pngn ini terjadi,,yaaah siapa yg pngn kali yah,, :'

Tidak ada komentar: